Murten – The Exotic Old Town

6 Dec
castle

castle

Kebanyakan tempat pariwisata di Swiss selalu menyuguhkan pemandangan alam yang memang sungguh luar biasa indahnya. Saya selalu saja berdecak kagum dan merasa sungguh beruntung bisa berada di Swiss walau hanya sebentar, tidak terkecuali Murten. Murten adalah salah satu kota tua yang paling sering saya kunjungi semasa saya di Swiss. Karena selain kesan old town-nya masih sangat kental, kota ini juga tidak jauh dari tempat saya tinggal. Saya biasanya bersepeda bersama teman saya dari Tajikistan,  Firuz. Waktu yang ditempuh dari tempat tinggal saya di Lurtigen ke Murten sekitar 20 – 30 menit, menggunakan sepeda. Cukup dekatkan? tapi jangan salah, itu karena jalannya menurun, jadi kalau pulang, hmm .. mungkin bisa sekitar 45 menit lebih.

Murten atau dikenal juga dengan nama Morat (dalam bahasa Perancis) terletak di Kanton Fribourg. Kota ini memiliki keunikan tersendiri bagi saya, karena banyak hal yang bisa kita jumpai demi memanjakan mata kita. Hal pertama adalah disini kita bisa melihat pemandangan kota tua yang masih tertata rapi dan masih terlihat orisinil, tapi bukan hanya sekedar itu saja di kota tua ini juga masih terdapat kastil yang dulu digunakan sebagai tempat tinggal Duke of  Zaehringen, yang konon merupakan orang pertama yang menemukan kota ini sekitar 8 abad yang lalu. Di kota tua ini juga kita bisa melihat ada beberapa menara yang masih berdiri kokoh.

Danau Murten

Danau Murten

Bagi saya Murten juga Pedestrian Town, karena sangat nyaman berjalan disekitar kota ini.  Selain nyaman, suasana disekitar juga sangat menyenangkan untuk dilihat. Satu lagi yang menarik dari Murten adalah Danaunya, Murtensee atau Lac de Morat.  Danau Murten adalah salah satu danau yang Indah di Swiss, walaupun tidak sebesar danau lain seperti Danau Geneva atau Neuchatel. Menyambung tentang Pedestrian Town tadi, disepanjang danau ini anda bisa berjalan sambil menikmati pemandangan danau yang indah ini. Atau kalau anda capek bisa juga duduk – duduk di sekitar danau sambil menikmati cemilan yang anda bawa.

Ibnu, Dery and Me

Ibnu, Dery and Me

Pada saat musim panas, banyak orang dari berbagai daerah di Swiss dan Negara lain datang untuk berenang disini dan juga yang pasti berjemur. Airnya cukup menyegarkan memang saat musim panas, tapi yang penting jangan berenang terlalu jauh, karena disekitar situ juga cukup banyak kapal kapal yang lalu lalang. Sebelum pulang ke Indonesia, saya sempet sekali ke danau ini pada musim gugur bersama teman teman Indonesia saya, Dery,Robby dan Ibnu. Hawanya memang agak sudah mulai dingin, sekitar 15 derajat. Tapi justru kita malah bisa sempet duduk menikmati pemandangan sekitar danau disebuah Kafe dipinggiran danau.

Saya juga teringat pada tanggal 1 Agustus juga selalu diadakan Parade Marching Band dan juga Pesta Kembang Api di Danau Murten untuk merayakan Hari Jadi Negara Swiss. Kebetulan boss saya di sana punya saudara di Murten yang rumahnya didaerah agak tinggi, sehingga kita bisa melihat Pesta Kembang Api dari rumahnya.

Sebelum pulang anda juga bisa melihat-lihat beberapa toko souvenir yang ada disana, dari mulai pernak pernik, baju, bendera dan lain lain. Murten biasanya ramai dikunjungi orang pada hari Sabtu dan Minggu. dan biasanya pada hari sabtu dan Minggu ada beberapa pertunjukkan musik dijalan.  Selain itu juga ada pasar kaget tiap sabtu pagi.

Untuk akses ke Murten ini, anda tidak perlu bersusah payah karena ada kereta dan Bis yang bisa anda tumpangi untuk sampai disana. Jadi jika anda berkesempatan mengunjungi Swiss, Murten mungkin adalah salah satu tempat yang patut untuk anda kunjungi, Sebuah Kota Tua yang Eksotis.

Leave a Reply

