Mengintip Dapur Keju Kesohor di Swiss

12 Oct
gruyere

Gruyere

Selain terkenal dengan jajaran pegunungan alpennya, swiss juga negara yang terkenal dengan cokelat dan kejunya. Gruyere adalah salah satu distrik di Kanton (propinsi) Fribourg di Swiss yang terkenal dengan pembuatan kejunya, sekaligus dijadikan nama keju yang terkenal itu. La Maison du Gruyere (Demonstration Cheese-Dairy), adalah nama tempat di Gruyere yang membuat bakalan membuat rasa penasaran kita tentang bagaimana proses pembuatan keju. Untuk masuk ke dalam La Maison du Gruyere ini, kita cukup membayar tiket 7 CHF (Swiss Frank) atau sekitar 4,7 euro plus diberi keju untuk kita cicipi sambil menghilangkan rasa penasaran kita bagaimana membuat keju disini.

headset

headset guide

Apakah ada seorang pemandu disana yang akan menemani kita berkeliling? jawabannya “tidak!”. Tapi tenang ,setiap pengunjung yang masuk akan diberikan satu buah headset untuk menjadi pemandu kita selama berkeliling. headset ini bentuknya seperti remote control yang nanti akan menjelaskan setiap keterangan yang ada pada gambar,video, tulisan serta alat alat yang digunakan dalam proses pembuatan keju ini. Ada 6 pilihan bahasa yang bisa kita pilih Perancis, Jerman,Italy,Spanyol, Jepang dan Inggris. Tur ini diawali dari cerita bagaimana mereka memelihara sapi sapi mereka dengan baik untuk bisa menghasilkan susu yang baik sehingga nantinya keju yang dihasilkan juga berkualitas. Awal-awal tur kita akan disuguhkan berbagai macam gambar tentang pemeliharaan sapi. Setelah itu kita akan melihat dapur yang sebenernya, serta alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan keju.Sayangnya pada saat saya berkunjung kesana, hari sudah sore, jadi saya tidak bisa melihat proses pembuatan keju tersebut secara langsung. Namun saya juga tidak kecewa karena disana tetap ada video yang menggambarkan tentang bagaimana proses pembuatan keju ditempat itu, dipandu oleh alat yang sedari tadi saya bawa tentunya.

cheese baker

process

cheese maker

process

Setelah beberapa menit berkeliling dan diberi penjelasan tentang beberapa proses pembuatan keju, diakhir akhir tur kita juga bisa menguji pengetahuan yang baru saja kita dapat melalui interactive games yang berupa kuis. Pertanyaannya seputar info info yang baru saja kita dapatkan dalam tur tersebut. Tebak saja, apakah anda benar benar mengikui tur ini dengan baik. Setelah itu kita bisa keluar dan Kalau anda ingin mencoba segala macam makanan yang salah satu bahan utamanya adalah keju, disini juga ada restaurant yang menyediakan makanan tersebut. Selain itu, anda juga bisa membeli berbagai souvenir dari Gruyere.

Memang bukan Tur yang memakan waktu lama, tetapi cukup menghilangkan rasa penasaran saya tentang bagaimana proses pembuatan keju. Ternyata tidak semudah yang dibayangkan yah, walaupun begitu sekarang keju keju sudah di proses secara modern. Tidak membutuhkan banyak orang lagi untuk mengerjakan semua proses itu.

Photobucket

Cheese After Process

6 Responses to “Mengintip Dapur Keju Kesohor di Swiss”

  1. bambang 15 November 2008 at 7:02 602b #

    keju (kayaknya) kalau di Indonesia itu seperti tempe.

    hampir menjadi makanan sesehari🙂

    tapi kalau keju di swiss itu bahannya susunya hasil negeri sendiri, kalau tempe di Ind kedelainya impor dari negeri orang hehe…

    tapi di Ind ko kaga ada tur ke pembuatan tempe y??
    wah… gimana ni…

    _________
    lama tak jumpa
    udah hebat blognya euy….

    bambang trismawan

  2. idur 11 December 2008 at 11:47 447b #

    makanya buat dunk tour pembuatan tempe bang …

  3. Shinta 15 February 2009 at 12:55 055b #

    Wow…. Keren banget oy…..🙂

  4. abdussalam 20 January 2010 at 9:56 356b #

    salam kenal yach.Sangat menarik bagi saya tentang pembuatan keju dan sya tertarik untuk mencoba kecil-kecilan, kebetulan kami punya produk susu sendiri. Tolong diiformasikan kepada saya tentang bahan pembantu , peralatan dan cara produksi.
    Makasih!

  5. selly 11 June 2010 at 4:44 544b #

    mmmm, nyami..
    perlu dicoba, thanks infonya

  6. biasa 4 July 2011 at 4:40 140b #

    saya menyediakan vegetable rennet untuk proses koagulasi susu menjadi keju, silakan berkenan mampir ke url saya🙂
    http://rennet-id.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: