How to Make Good Project Proposal

29 Sep

Anda mungkin datang kesini dengan bantuan search engine melalui tag: contoh proposal sponsor,  contoh proposal musik,  contoh proposal festival musik. Tapi sebelumnya saya mohon maaf karena biasanya visitor selalu meminta contoh proposal untuk acara mereka, sedangkan saya bukan gudang proposal, jadi saya tidak punya semua contoh proposal yang anda inginkan. Tapi saya sangat terbuka untuk anda yang ingin berdiskusi dengan saya bagaimana caranya membuat proposal tersebut.  Saya menyarankan anda untuk membuat gambaran besar dari proposal anda seperti yang sudah saya paparkan. Nanti kita bisa diskusikan lebih lanjut, saya lebih menghargai itu. Thanks for Visiting anyway.

Sponsorship adalah salah satu peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan sebuah acara, karena bisa jadi kita menangguhkan acara karena tidak ada sponsor yang membiayai penyelenggaraan acara kita. Namun seringkali memang masalah sponsorship menjadi momok bagi sebagian kita, karena sulitnya untuk mendapatkan dana dari perusahaan – perusahaan tersebut. Kebanyakan kita justru terkadang menggampangkan dengan membuat proposal sekenanya atau bahkan terkesan memaksa dan meminta-minta.

Ada beberapa hal yang harus kita luruskan sebelum kita beranjak ke langkah – langkah dalam membuat proposal sponsorship, yaitu :

  1. Jangan samakan Proposal Sponsorship dengan proposal yang anda kirim ke pihak rektorat, dekanat, atau birokrasi lainnya. Karena jelas akan sangat berbeda tujuannya.
  2. Proposal Sponsorship is unique, make it different. Kalau bisa, anda bisa membuat proposal yang berbeda untuk tiap perusahaan yang berbeda. Karena secara targetan juga anda akan beda. Contohnya dalam masalah kontrapretasi.
  3. Jangan Seperti orang minta sumbangan, memelas, dan terkesan kere banget. Buatlah bargain yang bagus pada saat anda datang ke tempat sponsor. Karena inti dari sponsorship adalah kerjasama bukan donasi.
  4. Fokuskan pada keuntungan untuk sponsor ketimbang pada keuntungan pihak penyelengara. Apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mensponsori kegiatan kita.
  5. Selalu buat janji untuk presentasi kegiatan kita. Jangan hanya meninggalkan satu eksemplar proposal disana.

Setelah anda memahami berbagai hal diatas, sekarang tinggal bagaimana anda mendesain proposal anda. Sekali lagi ingat-ingatlah bahwa mencari sponsor itu tidak semudah yang kita bayangkan, jadi bersiaplah untuk segala kemungkinan terburuk.

Okey, sekarang kita coba beranjak ke tahapan selajutnya dalam  membuat proposal.

1. Persiapan

a. Penyelenggara

Siapa yang akan menyelenggarakan kegiatan tersebut. Hal ini sangat penting, karena kredibilitas penyelenggara akan mempengaruhi keputusan pemberi sponsor. Jika penyelenggara sudah pernah membuat suatu kegiatan dan kegiatan tersebut berakhir dengan sukses maka pihak sponsor tidak segan-segan untuk memberikan bantuan, baik berupa produk maupun dana.

b. Jenis Kegiatan

Kegiatan apa yang akan diselenggarakan. Hal ini berkaitan erat dengan pengambilan keputusan pihak sponsor apakah kegiatan yang dilakukan akan berkaitan erat dengan produk yang dihasilkan sponsor. Sebagai contoh, ajang kreativitas anak muda dapat disponsori perusahaan pakaian jadi, perusahaan telekomunikasi atau handphone, sepeda motor, serta minuman ringan. Semua produk di atas memiliki kemungkinan besar dikonsumsi para penonton ajang kreasi anak muda tersebut. Sedangkan perusahaan penanaman modal atau perusahaan mobil mewah tidak mungkin tertarik untuk mendanai kegiatan semacam ini.

c. Penonton atau peserta

Pihak sponsor akan tertarik, jika jumlah perkiraan peserta dan penonton serta target penonton dicantumkan di dalam proposal. Misalnya, pada sebuah event lari 10 km, harus disebutkan target jumlah peserta beserta penonton yang akan berkumpul pada acara tersebut. Jumlah keduanya akan menjadi target pemasaran bagi para sponsor untuk memperkenalkan atau memasarkan produk mereka.

d. Tempat penyelenggaraan
e. Waktu penyelenggaraan
f.  Bagaimana kegiatan tersebut dilakukan

2. Materi Proposal Sponsor (5 W – 1 H)

  • Tujuan diselenggarakan acara
  • Keterangan mengenai acara
  • Alasan mengapa memerlukan sponsor
  • Media yang akan dipakai untuk mempromosikan acara
  • Schedule dan action plan acara
  • Apa yang bisa diberikan oleh pihak penyelenggara kepada pihak sponsor sebagai ganti sponsorship yang diberikan. Berikan contoh-contohnya. Misalnya pencantuman logo di banner, lebih baik dibuatkan contoh design banner dengan logo sponsor yang bersangkutan, atau mungkin anda bisa menyediakan waktu khusus selama beberapa menit untuk mereka mempromokan kegiatan mereka.
  • Lampiran gambar, video atau kliping koran dari kegiatan- kegiatan yang pernah dilakukan.
  • Sertakan contact person dari kegiatan tersebut, yang mengerti dengan baik tentang detail acara tersebut.

3. Presentasi

a.       Kuasai bahan dan bersiaplah untuk menerima penolakan dan kritikan sebelum mendapat sambutan positif.
b.       Datang tepat waktu
c.       Berlatih sebelum waktu presentasi
d.       Sediakan satu kopi proposal untuk pihak sponsor
e.       Singkat, menarik dan padat, presentasi tidak perlu terlalu detil, karena detil acara sudah ada didalam proposal. Pada waktu persentasi sebaiknya lebih ditekankan pada personal approach dan lebih menerangkan hal-hal yang menitikberatkan pada kepentingan pihak sponsor daripada pihak penyelenggara kegiatan.
f.         Tinggalkan nomor telepon yang mudah dihubungi oleh pihak sponsor
g.       Tanyakan kapan bisa di-follow up

4. Follow up

a. Follow up pada waktunya
b. Setelah mendapat persetujuan segera

5. Pelaksanaan

tepati janji pada pihak sponsor pada waktu penyelenggaraan kegiatan. Sebisa mungkin undanglah mereka untuk dating ke acara kita, biasanya hal tersebut akan membuat kita lebih baik di mata mereka.

6. Laporan Kegiatan

Laporan harus dikerjakan paling lama seminggu setelah kegiatan dan cantumkan semua bukti-bukti kegiatan dan pelaksanaan janji kepada sponsor dan jangan lupa untuk menyertakan bukti seperti foto dari logo mereka di banner kita, dsb. Hal terakhir ini sangat penting, karena kebanyakn kita, habis manis sepah dibuang. Tidak memberikan laporan setelah mendapat dana atau barang. Sekali lagi jangan lakukan hal itu!! Berilah Laporan kegiatan dan sebaiknya anda beraudiensi dengan pihak sponsor tentang jalannya kegiatan tersebut.

Nah, setelah anda mengetahui kesemua tahapan tersebut, maka satu-satunya hal yang harus anda lakukan lagi mereview ulang lagi proposal yang akan atau telah anda buat. Buatlah proposal yang efektif dan efisien tetapi tidak meninggalkan sisi kualitas. Terakhir ada tips mengenai desain grafis untuk proposal anda.

  1. Buatlah desain yang simple tetapi meaningfull dan buatlah tema design anda (themes), supaya dari mulai cover hingga content akan memiliki design yang sinergis.
  2. Cover : pintu gerbang menuju kesuksesan selanjutnya, maka buatlah design cover yang menarik. Jangan lupa untuk mencantumkan nama kegiatan anda, waktu pelaksanaan dan organisasi anda tentunya.
  3. Design halaman content menyesuaikan themes, jangan terlalu complicated karena nanti akan memecah focus baca. Gunakan warna yang soft.

Setelah proposal anda jadi, maka lakukanlah Proof reading, untuk menghindari kesalahan penulisan, mistype, atau kesalahan-kesalahan lainnya. Selain itu anda bisa mempelajari lagi banyak format dalam penulisan sponsor, karena sekali lagi tidak ada kebakuan dalam menulisan proposal. Sehingga jelas sekali dituntut orang-orang yang kreatif dan cerdas dalam membuat proposal kegiatan yang marketable.

Selamat Membuat Proposal Sponsorship !!!!!

anyway saya punya contoh proposal yang mungkin bisa membantu, proposal ini untuk acara musik di salahsatu kampus swasta di Jakarta, tetapi sebenarnya proposal ini untuk diajukan ke pihak rektorat, but just see it first. Download Contoh Proposal

Dari berbagai sumber

Do you like my Blog Please Vote Me  Top Blogs

96 Responses to “How to Make Good Project Proposal”

  1. RenNy_mcv 17 October 2007 at 3:19 319b #

    Allow..
    SaLam KeNAL yaa…

    oya keNaLkan saYA KeTua dr SeBuah OrGaNIsasI KemaHasIswaan diKampUz mo MnTa tLonG n SaRAn dr baPak gMn seH foRmaT prOpoSaL SponSorshIp unTuk KeJuaRAan tinGkaT NasiOnaL dNgn wKtu yG seDikit tp mmButuHkan daNa yG snGaat BuaanyAaakk…(cm 3 bLn btUh 100juTa)
    caRa2 koNfiRmasi oR FoLLow up prOp spOnSoRsHip yG baiK??apa j yG hrUs diLakuin pd SaaT pResenTasi bIar dr piHak sPonSor peRcaya ma qT??

    tLonG dibaNTu yaa..coZ daNa skRg mrupaKaN kbTuhaN yG sNgaat2 meNDeSAk SkaLeee….

    ni aLamat EmaiL saYa : Prend_mcv@yahoo.com

    sBLumNya TeRimaKaSIh buaNyaakkk atAs BantuANnYa…

  2. Amien 1 November 2007 at 6:30 430b #

    Assalamu ‘alaikum..

    bagus bgt pemaparan’a..

    Saya mewakili dari teman2 dari Teknik Sipil Unsyiah, Banda Aceh.
    kami mau buat acara LBFT (Lomba Berhitung Fakultas Teknik), yang akan diselenggarakan di 5 kota di Aceh.

    semoga bahan yang saya dapatkan disini dapat membantu banyak di proposal kami…

    Thanq ya….

  3. sara 9 November 2007 at 4:57 557b #

    slm kenal,langsung ja ya.dsni saya da tgs dr dosen u Mbuat suatu Event Musik, tp saya ga tw gmn cara Mbuat Proposal Sponsor???tlg bntu yaaaaPlease

  4. idur 9 November 2007 at 5:27 527b #

    hlo Sara, salam kenal juga ….. ikutin aja langkah-langkah diatas, mudah-mudahan bisa membantu … nanti kalo ada kesulitan lagi silahkan menghubungi lewat emailku

  5. Wong Awam 13 November 2007 at 11:07 207b #

    salam kenal. wahhh saya ingin sekali bikin acara. Setelah membaca artikel blog.idur.

    Tapi praktiknya mudah gak ya. EHmm.. moga mas idur bisa bantu saya nih.

    Salam kenal semuanya

    Wong Awam

    http://wongawam.blogspot.com

  6. gustaf 28 November 2007 at 3:13 313b #

    bisa saya minta contoh proposal festival musik….
    bulan february tahun depan saya berencana membuat festival….
    salam kenal semuanya

  7. putri 4 December 2007 at 10:45 245b #

    halo..aku putri dari jogja..
    kampus aku mau ngadain acara olimpiade akuntansi, seminar, field trip, dan gathering night untuk anak2 akuntansi berskala nasional dengan hadiah total sebesar lebih dari 20juta…

    umph…idur punya contoh soft copy proposal gak??kalo boleh maaf banget ngrepotin minta tolong kirim ke email aku..

    makasih banget.dan infonya di atas menaningful banget di floor-in ke anak2..thanks..

  8. putri_cntk 7 December 2007 at 12:13 513b #

    ass…wr, wb,
    nama saya putri, sy dr fakultas komunikasi universitas pancasila.
    sy mewakili temen2 sy,, kami ingin membuat suatu festival musik,,tp kami bingung mau buat proposal n tema yg bagaimana!!!
    tolong dibantu yaaaaa,,, tolong kasih contoh proposal & temanya…
    kalau bisa secepatnya.
    tolong kirim ke alamat E_Mail saya di bawah ini:

    seta89a_jgirl@yahoo.co.id

    klu bisa secepatnya yaaaa,,,,,,,,,
    sebelumnya terima kasih………..salam persahabatan
    wassalamualaikum WR WB

  9. Precilia 11 December 2007 at 7:26 226b #

    bagus sekali tulisannya, sangat detail. saya memiliki salah satu event yang sangat membutuhkan biaya yang besar, event nya seperti bazar begitu dan mau diadakan di mall. bapak ada ga contoh proposal untuk event tersebut? qra2 perusahaan apa ya yg mau kasih sponsor berupa dana? oh ya, proposalnya tolong di kirim ke email saya yach… hehehe… buat contoh nich… soalnya selama ini kl minta sponsor sering di tolak. kirim ke cie_pig@yahoo.com

  10. puci 21 December 2007 at 8:31 531b #

    halooo..saya puci.Saya guru di sebuah Pre-School di Jakarta.Preschool tempat saya ngajar,mau membuat acara Parent’s Gathering yang di dalamnya terdapat bazar yang terbuka untuk umum.Kami telah membuat list produk-produk yang kami harap mau membuka bazzar di event ini.Jadi please bgt yaa,bantuin puci,kasih contoh proposal untuk dapat sponsor.Supaya menarik!!
    Kalo bapak bersedia..tolong kirimin contohnya ke email saya yaa cieput_sagita@yahoo.com
    Thanks a bunch!!

  11. fakhri 4 January 2008 at 2:17 517b #

    salam kenal, trims berat pak atas bantuannya. semoga ilmu yang bapak berikan menjadi berkah buat kita semua..amin.
    oh ya! kalau bapak perlu designer untuk media promosi bisa hub saya lewat email (fakhrisalam@gmail.com) trims banget pak!

  12. Paul Timoty 8 January 2008 at 1:16 216b #

    Salam Kenal dari saya….
    Nama saya Paul. Saya perwakilan dari Panitia Unika Darma Cendika. Kami dari BEM Universitas akan membuat suatu Event,yang terdiri dari beberapa Turnamen. Untuk itu kami juga memerlukan berbagai pihak Sponsor untuk mendukung acara kami,terutama tentang Pendanaan. Saat ini kami mempunyai masalah dalam pembuatan Proposal(Bingung).Untuk itu,saya memerlukan bantuan Bapak sekalian untuk dikirimkan contoh Proposal Sponsorship,guna kami dapat melaksanakan Event Kampus kami. Kirim ke E-Mail : Paul_cool_21092yahoo.co.id Atas perhatiannya, saya Selaku panitia Humas mengucapkan Terima Kasih

  13. iank 11 January 2008 at 7:35 535b #

    salam….

    mas….. q di tutuntut buat event musik nih…..ma temen-temen q. semua saran mas sudah q lakuin tapi malah di tolak talak ma instansi tolong kirimin contoh proposal musiknya ya mas….

    thaks……

  14. iank 11 January 2008 at 8:03 503b #

    mas….. q di tutuntut buat event musik nih…..ma temen-temen q. semua saran mas sudah q lakuin tapi malah di tolak talak ma instansi tolong kirimin contoh proposal musiknya ya mas….
    send to iank61@yahoo.com.ok

    thaks……

  15. wildan 14 January 2008 at 9:55 155b #

    sore saya wildan saya.rencananya saya akan mengadakan event musik tapi saya masih blom tau gambaran proposal yang akan saya buat. untuk itu boleh ga minta contoh proposal

  16. oji 18 January 2008 at 1:52 552b #

    salam, kenal.. salam sukses selalu..
    saya oji, begini saya ada tugas untuk membuat sebuah event proposal dan saya rencananya ingin membuat event proposal tentang musik atau pameran.. kalau boleh saya minta contohnya.. cos, sekaligus menambah referensi buat saya untuk membuat sebuah proposal yang baik… baik acara, sponsor dan lainnya..

  17. rNest 3 February 2008 at 1:36 036b #

    sebelumnya salam kenal.
    kebetulan saya diberi tugas mengadakan presentasi singkat tentang kiat-kiat menyusun proposal sebuah acara. terimakasih pak untuk artikelnya. :)

  18. angga 11 February 2008 at 12:58 158b #

    salam, kenal.. salam sukses selalu..
    saya angga, begini saya ada tugas untuk membuat sebuah event proposal dan saya rencananya ingin membuat event proposal tentang musik atau pameran.. kalau boleh saya minta contohnya..
    sucidlmdebu@gmail.com

  19. rizal 28 February 2008 at 12:43 443b #

    Sebelumnya makasih atas pemaparan diatas yang menurut saya cukup jelas dan mudah di mengerti….
    Tapi saya bisa minta contoh yang lebih spesific lagi…!
    atau dengan kata lain, contoh yang udah siap jadi dalam penyelenggara’an sebuah festival musik di kampus saya….
    makasih ya atas perhatiannya…..
    salam kenal dari saya….

  20. ardietna 1 March 2008 at 9:56 656b #

    cukup detil kok…tapi prakteknya mungkin akan beda dengan teori yang dibahas.

    salam

    ardi

  21. yayan 12 March 2008 at 7:44 344b #

    Terima kasih atas petunjuk pembuatan proposalnya.

    karena anda saya bisa mengerjakan tugas saya dengan baik

  22. idiot 13 March 2008 at 4:28 428b #

    paling kere dan idiot

  23. poros tengah 9 April 2008 at 12:45 345b #

    brow…….. kapan main ke banyuwangi?

  24. ron 15 April 2008 at 1:49 249b #

    hai

    keren artikelnya

    saya bisa minta contoh proposalnya tidak?

    tolong dikirimkan ke ronaldindra@gmail.com

    thenkyuuu

  25. Mukhlas Bahtiar 22 April 2008 at 3:16 216b #

    Siang,,,,
    Bagus banget artikelnya
    Aku minta contoh proposal pengajuan sponsor buat cafe dan distroku ya
    Tolong kirimkan ke oriactie@gmail.com

  26. Adhie 29 April 2008 at 2:18 218b #

    slamat malam,
    artikel yang saya baca bagus,, tapi saya mau yg simple aja soalnya ini baru pertama kali sy mengadakan bazaar, lingkup bazaarnya tidak terlalu besar hanya di lingkungan kantor, pesertanya juga karyawan hanya beberapa tenant yg ikut, kebetulan saya mau presentasi jumat besok, bisa ngga minta contoh proposalnya

  27. naska dewa 5 May 2008 at 9:26 126b #

    hey…
    saya mau mengadakan acara music untuk festival band…
    tolong bantu saya dalam pembuatan proposal musik yang akan diajukan kepada pihak sponsor salah satunya sponsor tunggal nya LA LIGHT..
    terimakasih sebelum da sesudahnya…salam persaudaraan…
    -naska tangerang-

  28. hendriyono120887 16 May 2008 at 1:52 552b #

    salam Kenal….

    bisa minta contoh proposal sponsor yang baik dan menarik buat sposnor yang akan ditujukan??

  29. Natia 18 May 2008 at 7:45 045b #

    allow….
    Salam kenal…
    ada yang pnya proposal buat lomba foto gak…
    cuz, aku ma tmn2 mau bikin event lomba foto…
    yha, target nya c paling gak bisa dapet sponsor buat event ini…
    tolongin yha,,,
    cuz aku belum proposional dalam hal proposal…
    thankz beud yha….
    natiahaly@yahoo.com

  30. Utelaut 1 June 2008 at 8:42 042b #

    salam sukses..
    Menarik sekali paparan anda ini, sangat jelas. Mungkin bagi kita yang baru belajar ini bisa membuat proposal sponshorship ya menjual. Tp alangkah baiknya kalau ada contoh yang baik sbg bahan perbandingan sehingga ilmu yang anda sebarkan benar2 bs mensukseskan pengunjung blog anda ini.
    Terima kasih
    salam sukses..

  31. Utelaut 1 June 2008 at 8:48 048b #

    Organisasi saya mau mengadakan turnamen sepak bola piala bupati yg akan dilaksanakan selama sebulan penuh. Kira2 kegiatan seperti ini bs menjual gak yah buat sponsor? Jika ada yg punya contoh proposal sponshorshipnya, kami akan sgt berterima kasih sekali.
    Email : mastes@utemail.co.cc
    Terima kasih

  32. Utelaut 1 June 2008 at 8:50 050b #

    Ralat emai diatas
    email: master@utemail.co.cc

  33. alice 6 June 2008 at 7:09 509b #

    umhh, kalo proposal buat permohonan dana atas usaha baru gitu gimana ya? bisa kasi contohnya ga? btw, thx banget loh
    contact nya ke siapa ya kalo proposal dana gitu?
    THXXXXXX

  34. imam 10 June 2008 at 8:01 201b #

    hallo bos…aku anak jl.patimura 5a jombang jatim.
    bos..aku minta tolong contoh jadi, proposal untuk mengajukan dana kesponsor,kami mau buat festival band. bisa gak bos.. aku minta tolong dikirimi contohnya.thanks.imam telpn.085645364488

  35. faruq 17 June 2008 at 12:53 253b #

    mas, tolong kirimin proposal buat acara musik dong,biar dpt sponsor

    kirim ke email aq ya>>>>

  36. danial 19 June 2008 at 3:56 456b #

    hallo bos…aku lagi butuh contoh proprosal,kami mu ngajuin buat proyek kami,,kami mu buat dinding panjat di skul kami..kirimin contohnya ya bos..

    email: gak_punya@yahoo.com

  37. bayu.an 20 June 2008 at 2:05 505b #

    nice banget..
    thanks ya atas referensinya..

  38. yanuar 21 June 2008 at 8:03 603b #

    halo pak..salam kenal
    kalau boleh saya mau minta tolong, kirim contoh proposal sponsorship soalnya ini pertama kalinya saya mau buat acara musik

    terima kasih atas bantuannya

    email : unoisiwan@gmail.com

    iwan-bandung

  39. Tuan Toshiro 3 July 2008 at 2:54 454b #

    ada gak proposal yg bisa bikin calon klien ngeluarin duitnya langsung?! gak pake nawar! hehe..

  40. veronica 7 July 2008 at 8:11 111b #

    Hy…

    Ak mo minta Tolong bgt,
    ak mo minta cnth Proposal untuk ke Sponsorship and, untuk minta ijin ke lokasi dimana acara itu mo diadain.

    Thanks ya sblmnya

    -vero-

  41. diyanda 14 July 2008 at 3:56 156b #

    Asskum
    aq mw mnt tolong cnth proposal untuk sponsorship untuk kegiatan pelatihan robot se-jatim,saya masih bingung bgamana haus memulai coz saya adalah PJ dari acra tersebut trus saya jg masih baru dalam berorganisasi,btuh byk referensi
    thanx B4,
    gut luck 4 U

  42. angga 29 July 2008 at 4:14 214b #

    malem pak..
    pak saya junior activation nih….n saya bener2 pengen nguasain yg namanya manual book…
    nah tolong donk kasih saya contoh dan saran membuat manual book…
    thx…angga

  43. amel 12 August 2008 at 10:48 248b #

    dear sir….
    thanks a lot buat artikel yang bagus ini ya…
    tapi saya masih perlu bantuan nih…
    kemarin saya baru saja buat kegiatan bersama dengan salah satu perusahaan yang menjadi sponsorship, kegiatan berupa event olahraga… nah sekarang tiba waktunya saya buat laporan kegiatan, tapi saya perlu menthor nih buat bikin laporan yang berkesan bisa dibantu tidak ya…

    Thanks a lot ya… buat bantuannya…..

  44. husin 16 August 2008 at 3:51 651b #

    tapi contoh proposal nya ko ga ada di lampirkan, biar tambah ngerti dan pintar

  45. no name 6 September 2008 at 5:19 619b #

    Pak ,makasih banyak atas info nya.
    Saya lagi mau bikin pensi di sekolah dan bener” butuh bimbingan mengenai proposal” seperti ini
    Kalo ada waktu saya bakal seneng banget kalo bapak bisa membantu saya
    Waktu saya cuma 4 bulan dan btuh banyak dana
    Kalo bapak bersedia untuk bantu silakan kirim e-mail ke saya di baby_pink_1602@hotmail.com
    Thanks

  46. arief 9 September 2008 at 4:44 244b #

    that’s greate,\\ thank’s a lot yow. hupo that can usefull for all of us.

  47. leo 15 September 2008 at 2:42 142b #

    tulisannya sangat bagus dan membantu buat saya.

    tp saya mohon bantuanny, saya wakil ktua osis di skolah. saya pngn ngusulin bwt ngadain eskul bhs jepang. Jd proposal nya itu kira2 kyk gmn y pak??
    Artikel bapak ngak membahas proposal izin kegiatan sih..
    Tlg dibales y pak!!!!!!!
    Makasih banyak atas bantuanny!!

  48. idur 15 September 2008 at 4:58 158b #

    to LEO, aku udah coba ngirim penjelasan sangat singkat tentang proposal kegiatanmu, tapi gak bisa..alamat emailmu yang leo_giggs11@yahoo.co.id itu bener apa gak?

  49. hengki 22 September 2008 at 1:04 104b #

    slam knal mas idur….
    sya n tem mw mngadakan even jalan santai…rencananya mw d slggarakan pd akhr blan november!
    bsa ga mnta cntoh proposlnya…
    krim k email sya kakeompong_050801@yahoo.co.id

  50. Kuman 27 October 2008 at 11:04 104b #

    Salam kenal sir . .
    Saya lg butuh bgd contoh proposal nih . .
    Sy sm tmn” sy lg mau ngadain pensi, nah skrg kami lg bingung buat proposal untuk nyari sponsor . .
    Nah stelah sy baca informasi dr sir, sy mau minta bantuan nih . . Minta contoh proposalnya dong . .
    Kirim ke alamat email saya ya . .
    > re_netha@yahoo.co.id
    sebelumnya makasih ya sir

  51. ferdyanto 16 November 2008 at 11:28 028b #

    Askum. Pak saya mnt tolong ditempat saya mo diselenggarakan event musik dengan bintang tamu band ibukota. saya bingung gimana buat proposalnya. saya bisa mnta tolong contoh proposal tuk penyelnggaraan event musik

  52. joey 28 November 2008 at 11:22 522b #

    mas tolong biat contoh proposal untuk even waria donk atau gebyar waria…sebelumya aku ucapakan terimakasih

  53. MR.T 3 December 2008 at 8:18 318b #

    met sore..slm kenal ya , saya toni dan mau minta tolong kirimkan contoh proposal untuk mengadakan presentasi produk-produk kesehatan di instansi pemerintahan & perkumpulan darma wanita serta komunitas-komunitas untuk wil.jabodetabek,dan mohon dikirimkan ke almt e-mail saya.

    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih tas bantuannya.

    salam sukses selalu.

  54. awang 20 December 2008 at 8:11 611b #

    Aslm… Wr.Wb
    Tolong kirimin contoh proposal tuk acara perkumpulan mahasiswa farmasi seluruh dunia, acaranya selama 10 hari.
    Atas bantuannya, Trims…

  55. bryan 2 January 2009 at 5:43 543b #

    ass,,

    saya dari BEM teknik UHAMKA bisa tolong kirimin contoh proposal lomba robot tingkat SMA?

    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih….

  56. Ari 5 January 2009 at 4:29 129b #

    lagi pusing bikin proposal nih..
    kasih contoh riilnya dunk…
    soalnya tempatku agak ke kampung, tapi sebetulnya animo masyarakatnya hebat…

  57. atika 12 January 2009 at 6:18 118b #

    haloo…saya atika
    saya ikut minta saran bagaimana membuat proposal minta sponsorship yg baik. acara sya agak unik karena berawal dari suatu komunitas program chatting oleh sebuah provider GSM. kami rencana membuat kopdar (kopi darat) besar yg mengundang komunitas lain jg. sya ingin bagaimana program ini terlihat ‘penting dan bermanfaat’ bagi pihak sponsor mengingat awalnya dari dunia maya. kmi juga berencana minta sponsor dari perusahaan produsen HP. bisa tolong kirim email draft proposalnya spt apa agar terlihat elegan dan profesiional. terima kasih.

    • idur 13 January 2009 at 10:31 231b #

      halo atika..hm kayaknya lebih enak kamu bikin dulu konsepnya secara tertulis, terus coba deh dibuat draft proposal kayak contoh diatas yg udah aku tulis.abis itu baru kita diskusiin … oke

      sukses buat acaranya

  58. atika 12 January 2009 at 6:20 120b #

    oia, ini email saya : dewiprita21@yahoo.com

    thanks so much…; )

  59. andes 13 January 2009 at 4:17 217b #

    ass.saya andes.
    mau minta masukan dunk….gmn sich cranya untuk buat proposal tembusan ke sponsor….
    n gni w tuh pengen bgt ngadain even music dcampus w.soalna selama 4thun w kul dsna lum ada sm se x acra2 besar spt itu…jd w mnta tlong masukan nya ya.
    keinginan w cm atu…..w pengen bgt nm cmpus w tenar…cos sllma ini jrang ada orang yg tahu keberadaan kami dsana.
    thanks b 4

    • idur 13 January 2009 at 10:29 229b #

      dear andes,

      coba downlod proposal anak stekpi itu. kasusnya sama kayk kampus km, mereka gak pernah punya acara awalnya, nah stekpikustik itu acara musik pertama di kampus mereka yang mereka selenggarain sendiri, dan antusiasme mahasiswanya cukup bagus.

      gw rasa seh lo coba aja dulu bikin event yang kecil2an kyk akustik gtu, yg pasti harus ngelibatin semua orang dikampus dulu, nah klo sukses baru lo bikin acara yg lebih besar lagi, contohnya bikin festival musik pelajar ato apapun yg melibatkan org luar dalam keikutsertaan di acara itu.

  60. detektif kampus 30 January 2009 at 6:48 548b #

    bro lo anak stekpi ya? kok bisa dapet proposal mereka?
    hmm……

  61. firmansyah 3 February 2009 at 6:21 221b #

    aslm… saya ketua dari kegiatan tafakur alam di smk,
    saya mau nanya, gimana sih caranya buat anggaran kegiatan untuk dimuat di proposal sponsor sedangkan ini kali pertama saya membuat acara dengan mengajukan dana kepada sponsor..!
    tolong dijawab ya, saya juga minta contoh proposal yang menarik,,, boleh y….^_^

  62. Angga Setiawan 3 February 2009 at 5:40 240b #

    Salam kenal …

    saya ketua osis “smk Bina Putra Mandiri” parungpnjang
    kab. Bogor …

    rencana sya dalam wktu dkat ini akan melksanakan progrm krja dri sekbid saya…
    ykni FESTIVAL PELAJAR ..
    kira2 sya bleh tdak dikrmkan contoh sebuah proposal tentang kegiatan FESTIVAL PELAJAR spya sya bisa mmhamai itu smua…

    sangga26@yahoo.com

  63. mukhammad wahyudi 4 February 2009 at 10:45 345b #

    ass. q yudi biasa dipanggil ucok. q ketua karang taruna q pertama kali menjabat ini so q agak bingung ngumpulin dana untuk festifal lomba adzan dan sholawat untuk bulan besok di desa saya so q sangan butuh sekali sponsor yang bisa di ajak kerja sama. q mnta buatin proposalnya…….oke!

  64. AE Novic 19 February 2009 at 4:51 451b #

    Bos, bagi dong contoh proposal untuk buat acara Lomba Band Pelajar Dan Umum, kita sering buat, tapi koq yaaaaa….mbosanin! kita mau sesuatu yang lain, mungkin ada contoh2 yang sudah pernah diberikan kepada teman2 yang minta terlebih dahulu ?
    Thanks Bro & Salam Kenal lah………………………………

  65. agus tri setiawan 24 February 2009 at 5:36 236b #

    perkenalkan saya salah satu pengurus EO di kotaku.kami ingin mengadakan event festival yang bertema PAGARALAMROCK COMPUTION tapi saya tidak tau gimana cara membua proposal ini,karena kami ingin melibatkan pemkot untuk menyelanggarakan event yang rencananya akan di ikuti band-band di seluruh sumatera.atas bantuannya saya ucapkan teirmah kasih

    email :ariel_setiawan20012001@yahoo.com/syailendra_2009@yahoo.com

  66. abral 23 March 2009 at 5:00 100b #

    haloo…
    saya slah satu perguruan tinggi Swasta di NAD
    kami mo ngadain pekan olah raga mahasiswa (POMDA) di daerah, terus terang, kami belum pernah membuat even sebesar itu, mhon dongk contoh proposal dan sponsor shipnya, rencana kegiantan akan dilaksanakan pada awal bulan mei ini, jd mohon di kirimin yak… tangks

  67. betlin tobing 26 March 2009 at 5:35 435b #

    minta tolong kirimkan contoh proposal kegiatan untuk sponsor ship acara band kampus. makasih

  68. Reka 15 April 2009 at 12:49 349b #

    membaca apa yang saudara tulis diatas saya menjadi ikut tertarik untuk menuliskan gambaran proposal yang saya miliki. Tapi mungkin tepatnya bukan gambaran proposal, soalnya jujur saya juga kurang mengerti apakah jenis proposal pengajuan sumbangan buku adalah sama dengan pengajuan sponsorship? jadi mungkin untuk perkenalan dan pembukaan wacana kita ini saya mulai dari pertanyaan tersebut.

  69. diiqi 24 April 2009 at 2:16 516b #

    booss ajarien dunk………..

  70. doremon 4 July 2009 at 4:33 633b #

    boz tolong kasih contoh proposal jalan santai dunk,coz gw mau ngadaain jalan santai di radio komunitas kami nih.thx sebelumnya.kirim ke email gw di doremon_game@yahoo.com

  71. ady sulaeman 14 July 2009 at 7:13 213b #

    assalam.. bapak saya minta tolong kirimin contoh proposal tafakur alam ke email saya.. saya masih bingung mw ngadain tafakur alam..
    terima kasih bapak.. harap segera di balas

  72. ady sulaeman 14 July 2009 at 7:15 215b #

    assalam.. bapak saya minta tolong kirimin contoh proposal tafakur alam ke email saya.. saya masih bingung mw ngadain tafakur alam..
    terima kasih bapak.. harap segera di balas
    sulaemanrhaka@ymail.com

  73. silmina 22 August 2009 at 5:33 633b #

    passwordnya apa

  74. blenx 24 September 2009 at 4:54 454b #

    postingin dunk contoh proposal buat event musik
    thamx sebelumnya

  75. pendi 25 September 2009 at 4:20 520b #

    salam rimba

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasi yang sudah tersedia
    saya pendi, seorang anggota penggiat alam sma n 73 ( repala 73 )
    saya bermaksud meminta arahannya untuk pembuatan proposal sponsrship dalam rangka pembangunan papan climbing di sekolah saya, dulu sudah ada tapi di rombak untuk pembangunan gedung tambahan di sekolah.
    sudah tiga tahun ini belum berhasil kami bangun kembali.
    kira-kira produk apa ya pa yang sesuai untuk kegiatan kami ini.
    saya sangat mengharapkan terwujudnya hal ini karna ini merupakan projek seorang senior saya yang saat ini sudah Almarhum.

    terima kasih….!!

  76. jita 30 October 2009 at 9:38 538b #

    terimakasih bang idur atas info yang sangat mendetail. semoga saya bisa berhasil ngumpulin dana buat acara di kampus.

    kalau boleh berdiskusi lain kali sama bang idur langsung, soalnya saya bener2 belom ada pengalaman menjadi divisi dana usaha :)

    thx a lot.
    sukses!

  77. tareh herjani 17 November 2009 at 4:15 215b #

    salam kenal…
    buat bang idul,
    at first saya ucapkan banyak terima kasih karena sudi berbagi pengalaman untuk saya, karena pengalaman yang wacana yang bang idul tuliskan itu banyak membantu saya untuk membuat proposal yang unique dari sebelumnya

    second, berkat bang idul nama saya jadi sedikit terangkat di office kita bang,terima kasih banyak2 lah bang, semoga tuhan saja yang membalasnya, amin…

    ttd

    budak melayu…

  78. Muharam 5 December 2009 at 12:55 655b #

    Kami lagi berusaha memperkenalkan organisasi kami yang baru di Karimun dengan berbagai acara antara lain lomba jalan santai (umum) dan upacara. Tapi masih bingung karena belum tahu persis kondisi wilayah. Waktu dan tenaga terbatas. bisa bantu jalan terbaiknya? Thanks.

  79. vinezca zelin 1 January 2010 at 6:55 555b #

    salam…..

    saya berkerjasama dengan satu perusahaan australia yang berada di indonesia, secara kisi” dan bahan” yang harus dibahas didalam proposal sudah ada, hanya saja saya kesulitan bagaimana menyusun data tersebut dan kemungkinan ada beberapa hal yang masih belum lengkap. jadi saya minta tolong contoh pembuatan proposal untuk pembuatan cafe dan studio/sangar tari. saya sudah muter” 7keliling masih belum bisa membuat proposal ini, tnx yah atas bantuanya.

    vinezca

  80. vinezca zelin 1 January 2010 at 6:56 556b #

    salam…..

    saya berkerjasama dengan satu perusahaan australia yang berada di indonesia, secara kisi” dan bahan” yang harus dibahas didalam proposal sudah ada, hanya saja saya kesulitan bagaimana menyusun data tersebut dan kemungkinan ada beberapa hal yang masih belum lengkap. jadi saya minta tolong contoh pembuatan proposal untuk pembuatan cafe dan studio/sangar tari. saya sudah muter” 7keliling masih belum bisa membuat proposal ini, tnx yah atas bantuanya.

    vinezca zelin

    • idur 4 September 2010 at 2:47 647b #

      mbak zelin,

      sebaiknya mbak zelin membuat dulu proposal yang dimaksud setelah itu boleh kirim ke saya, nanti kita diskusikan bersama

      thanks

  81. ILMU TANAH USU 28 January 2010 at 5:00 400b #

    mas tlg kirimin contoh proposal ny lh k email saya..
    imiltafp_usu@ymail.com
    tlg yah mas,,butuh bt ngajuin proposal kegiatan..
    soalny sering ditolak sm pihak sponsor..
    makasih mas..

  82. melisa 21 April 2010 at 7:38 338b #

    selamat pagi
    saya minta tolong di beri contoh pengajuan sponsor pada beberapa sponsor terpilih untuk acara seminar kampus.
    thank u

  83. Toni Sugiarto 4 September 2010 at 2:04 604b #

    Selamat pagi

    Salam kenal,nama saya Toni,saya mempunyai 1 masalah dimana saya sangat membutuhkan masukan,saran,agar saya tdk salah melangkah & bisa membuat 1 proposal yg mengena,singkat,padat,interested perihal saya saat ini memiliki tanah seluas 3,2 Ha di 1 daerah dimana saya mendapat kepercayaan dari pemerintah kabupaten disana via Dinas Pertanian untuk bekerjasama memanfaatkan tanah saya menjadi pusat pembibitan Hortikultural,Bibit buah buahan guna menjadikan masyarakat disana menjadi pengusaha di daerah sendiri,semua dana dari pemerintah mulai pembenahan lahan,penanaman bibit sampai perawatan bibit tsb.TANAH INILAH YG MAU SAYA “JUAL” SEPARO KE PEMILIK MODAL,karena saya membutuhkan dana untuk menjalankan proyek pembibitan buah2an yg merupakan proyek lain di kab tsb yg nantinya bibit itu akan dibeli oleh pemerintahan disana yg akan disubsidikan ke petani di kab tsb.
    terus terang saya ingin membuat proposal ini dgn menjual 1/2 lahan saya guna modal usaha penyediaan bibit dgn tidak terlibat hutang piutang dgn Bank dll supaya hidup saya tenang tdk menanggung beban hutang.
    Manusia berencana,Tuhan yg menentukan,saya yakin dgn bebrapa pemikiran maka akan tercipta proposal yg jelas & menarik,maaf kalau terlalu panjang lebar,terimakasih
    saya berharap ada masukan buat saya.

    salam
    Toni.S

    • idur 4 September 2010 at 2:52 652b #

      halo mas toni,

      sebenernya inti proposal hampir tidak jauh berbeda, tinggal aplikasinya saja yang disesuaikan dengan kebutuhan. Saya rasa konsep dari mas toni sudah sangat jelas, tinggal dituangkan saja dalam bentuk proposal, Ini yang agak sulit jika kita terbiasa berpikir tanpa menulis, biasanya akan kesulitan untuk menyusun menjadi sebuah kalimat yang menarik.

      Saran saya, coba ikuti cara-cara yang saya sebut diatas .. yang pasti proposal yang bagus hampir sama seperti berita harus ada 5W 1 H (What, When, Where, Why, Who, How)

      coba dijabarkan seluruh ide itu dalam poin poin supaya lebih mudah, setelah itu saya rasa lebih mudah untuk menjabarkannya.

      thanks,

      semoga membantu

  84. Natalis 18 January 2011 at 11:04 204b #

    Halo mas, saya ketemu juga akhrinya yang bisa kasih contoh cara buat proposal… Saya mahasiswi satu univ swasta, dan memang ngga pernah sama sekali membuat acara yg berskala besar sampai meminta sponsor dari luar.

    Rencananya pada akhir April nanti kami akan mementaskan drama musikal bahasa Inggris di TIM, dan biaya produksi lumayan (bukan lumayan lagi sih, tapi emang) besar, di atas 50jt, dan dari pengalaman yang agak buruk soal meminta dana sama univ, kami akan membuat pemasukan semuanya full dari sponsor.

    Thx atas tips2nya ya mas, soalnya saya memang ngga pernah juga buat proposal macam gini, agak2 mandek juga soalnya divisi teknis dan kostum masih belum bener2 menetapkan harga yang bisa ditulis di proposal. Pertanyaan saya, 2-3 bulan itu kira2 cukup ngga ya kalau untuk mencari 50jt dari sponsor? Ada banyak perusahaan di sekitar univ saya sih, cuma ya…

    Pokoke skali lagi makasih dulu ya, haha.

  85. vhe 27 April 2011 at 1:31 331b #

    Dear Mas Idur..
    Boleh minta email addressnya??
    Many thanks :)

  86. eko 12 May 2011 at 12:58 458b #

    mas,.. saya mempunyai suatu organisasi fans band ternama dan saya dan kawan2 ingin mengundang band itu ketempat kami tp kami terhalang oleh proposal dan sponsorship karena kami tidak ada yang berkecimpung dalam EO, mohon beri saya contoh proposal musik dan event itu bertema pahlawan
    mohon bantuannya mas, tlg kirim ke email saya
    onizuka_himura@yahoo.co.id

  87. biangkerok trotoar 5 September 2011 at 6:49 149b #

    jenius local – rudi

  88. nita 29 September 2011 at 4:40 440b #

    aku mau bikin acara project k kampus2 dan rumah sakit
    tolong kasi tau ya gmn caranya supaya dapat menarik mereka untuk kerjasama
    thx ya salam hangat persahabatan

  89. ibnu 4 October 2011 at 9:53 253b #

    SAYA KETUA PANITIA PENTAS MUSIK SUMPAH PEMUDA TGL 30 OKTOBER, MOHON MINTA TOLONG DICARIKAN SPONSOR, EMAIL SAYA: ibnu.sukrisna@gmail.com (085813371112)

  90. http://mensengagementrings.ca 20 March 2012 at 2:56 256b #

    Glad to be one of many visitants on this awe inspiring website :D.

  91. here 29 May 2012 at 6:21 221b #

    I have got one recommendation for your weblog. It seems like right now there are a few cascading stylesheet issues when opening a selection of web pages inside google chrome as well as firefox. It is functioning fine in internet explorer. Possibly you can double check that.

  92. Viktor Nusantara 11 September 2012 at 7:53 253b #

    gan agan , kalo contoh proposal dengan pengajuan dana yg ditargetkan dana tersebut bisa keluar 15juta keatas , mohon di share’nya gan . makasih ,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

